24 Februari 2023

Guru SMKN 1 Teluk Kuantan Juara 1 lomba PTK

Jum, 24 Februari 2023 Dibaca 397x

SMK NEGERI 1 TELUK KUANTAN – Sempena Hari Guru Nasional dan HUT ke-77 PGRI tahun 2022, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pengurus cabang kabupaten Kuantan Singingi mengadakan lomba Penelitian Tindakan Kelas untuk guru-guru se-Kabupaten Kuantan Singingi. Muhammad Peri Syaprizal, S.Pd., M.Pd., Gr. merupakan guru yang mengampu mata pelajaran bahasa Jepang di SMKN 1 Teluk Kuantan keluar sebagai Juara 1 pada Jenjang SLTP dan SLTA se Kabupaten Kuantan Singingi. Peri Sensei panggilan akrabnya dikalangan siswa dan guru juga merupakan pengajar praktik pada program guru penggerak angkatan 7 kabupaten Kuantan Singingi.

Berdasarkan laporan panitia, jumlah peserta sebanyak 19 orang guru, kemudian penitia melakukan tahap seleksi dan diambil 10 finalis yang terbagi menjadi dua Jenjang yaitu Jenjang TK/PAUD/SD sebanyak 4 Finalis dan Jenjang SLTP/SLTA sebanyak 6 Finalis. Semua finalis ini akan melakukan uji kelayakan melalui presentasi di depan Juri yang berkompeten dibidangnya. Dr. Elfis Suanto, M.Si dosen Universitas Riau dan Dr. Yusri Rasul, M.Pd Dosen Universitas Muhammadiyah Riau didapuk menjadi dewan juri pada acara yang dilaksanakan pada hari Kamis 10 November 2022 di aula perpustakaan Datuk Simambang SMAN Pintar Kuantan Singingi. Acara Final yang dihadiri oleh ketua PGRI Kabupaten Kuantan Singingi, para Kepala Sekolah setiap Finalis dan undangan ini berlangsung cukup menegangkan layaknya sidang skripsi/tesis untuk menguji kelayakan penelitian. Bapak Hurdisman, S.Pd selaku Kepala SMKN 1 Teluk Kuantan turut hadir untuk memberikan dukungannya kepada Peri Sensei.

Judul PTK yang disusun oleh Peri Sensei berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Dengan Metode Role Play Berbasis Kartu Bergambar Pada Siswa SMK”. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sejak September hingga Oktober 2022 di kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan.

Peri sensei berhasil menjadi juara 1 pada jenjang SLTP/SLTA dengan total nilai 382 dan menyingkirkan finalis lainya dari SMAN 2 Singingi yang berada di peringkat ke 2 dengan total nilai 379, finalis dari SMAN 1 Hulu Kuantan yang berada di Peringkat ke 3 dengan total nilai 377,5. Selain itu, Finalis dari SMPN 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Benai dan MA Ponpes Nurul Islam Gunung Toar sebagai juara harapan. Untuk penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara hari Guru kabupaten Kuantan Singingi pada bulan November. Semua Makalah PTK para finalis ini akan dipublikasikan ke jurnal Media Kreatif Guru PGRI Kabupaten Kuantan Singingi Volume 1 Nomor 1.

Ketua PGRI Kabupaten Kuantan Singingi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan finalis tahun ini. Tahun depan akan kembali diadakan dan diwacanakan untuk hadiah utamanya adalah berangkat UMROH.

Semoga hal ini bisa terwujud dan semakin banyak guru-guru di kabupaten Kuantan Singingi ini bisa termotivasi dan ikut menjadi peserta. Ucapan apresiasi dan rasa bangga juga disampaikan oleh guru-guru dan Tendik SMKN 1 Teluk Kuantan kepada Peri Sensei atas prestasi tingkat Kabupaten dan mengharumkan nama SMKN 1 Teluk Kuantan. Peri Sensei pun berharap semoga kesuksesan ini juga akan menular ke guru-guru SMKN 1 Teluk Kuantan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar