PROFIL SMK N 1 TELUK KUANTAN

 

SMKN 1 TELUK KUANTAN
SMKN 1 TELUK KUANTAN

PROFIL SMK N 1 TELUK KUANTAN Merupakan Sekolah Menengah Kejuruan

 

LOKASI

SEJARAH

Berdiri pada tahun 1969 dengan nama Sekolah Teknik Menengah (STM) status sekolah swasta, pertama sekali yang menjabat sebagai Kepala Sekolah adalah M. Rusli, B.Sc yang pada waktu itu baru ada satu jurusan yaitu Bangunan. Setelah habis masa jabatannya M. Rusli, B.Sc digantikan oleh Raja Amir, dan pada Tahun 1975 masa kepemimpinan Raja Amir ini STM dirubah statusnya dari swasta menjadi Persiapan Negeri (Persineg). Tahun 1977 dibuka satu jurusan lagi yaitu Kerja Mesin dan tahun 1978 ditambah lagi dengan jurusan Listrik.

Kepemimpinan Raja Amir berakhir sampai dengan 20 Agustus 1980 dan diserahterimakan kepada Yunus Hasan, B.Sc sekaligus peresmian STM Negeri Taluk Kuantan oleh Kabid PMK Bapak Intan Judin. Akhir tahun 1989 terjadi penggantian kepala STM Negeri Taluk Kuantan dari Yunus Hasan, B.Sc kepada H. Idjlis Hadi, serahterimanya dilaksanakan oleh Kakandepbud Indragiri Hulu Drs. Khaidir Kadir.
Dibawah kepemimpinan H. Idjlis Hadi, pada tahun 1993 STM mendapat bangunan baru dari Loan ADB, Peresmian gedung dilakukan oleh Bupati Indragiri Hulu Drs. Rukhiyat Syaefuddin pada tahun 1995. Selanjutnya dengan penyempurnaan kurikulum 1994 merubah nama STM Negeri Kuantan Tengah menjadi SMK Negeri 1 Kuantan Tengah yang dilakukan pada tahun 1995.

Tahun 1997 bulan Maret Drs. Suyanto menggantikan H. Idjlis Hadi sebagai kepala sekolah yang sebelumnya adalah guru SMK Negeri 1 Tanjung Pinang. Pertengahan September 2002 Drs. Suyanto digantikan oleh Drs. Khalis Binsar, MM yang sebelumnya bertugas di SMK Negeri 5 Pekanbaru. Masa kepemimpinan Drs. Khalis Binsar, MM terjadi perubahan bidang keahlian yang merupakan terobosan baru yaitu Jurusan Elektronika dan Informatika (2003), dan Praktek Kerja Industri dilaksanakan sampai ke Negara Tetangga Malaysia. Pada tanggal 20 September 2006 dilantik Kepala Sekolah Baru yang bernama Afrizon Said, S.Pd., S.Sos.M.si.

Categories