27 Desember 2022

Janji Siswa, Serta Makna dan Contoh Penerapannya

Sel, 27 Desember 2022 Dibaca 612x Artikel

Pada setiap upacara bendera hari Senin, siswa di sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, dan sekolah lain yang sederajat, akan membaca teks yang disebut janji siswa. Janji siswa merupakan kumpulan janji dan poin penting yang harus ditepati oleh siswa. Setiap siswa di sekolah wajib mempelajari dan menghafal isi janji siswa. Janji siswa akan dibacakan oleh petugas upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara secara serentak.

Siswa diharapkan untuk mempraktikkan janji yang dibacakan pada upacara bendera tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Janji siswa bukan hanya sekadar teks biasa, tetapi harus menjadi pedoman bagi siswa dalam bertindak dan bersikap.

Janji Siswa

  1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, abdi terhadap tanah air dan bangsa, setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Adab terhadap orang tua, hormat terhadap guru serta menjunjung tinggi dan martabat sekolah.
  3. Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa.
  4. Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan.
  5. Menjadi warga masyarakat yang baik dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab.

Makna dan Penerapan Janji Siswa

  1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menunjukkan sikap siswa yang taat kepada Tuhan dan memiliki kepercayaan yang kuat terhadap agama yang diyakini. Contohnya, seorang siswa yang takwa terhadap Tuhan akan selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya, tidak akan berbuat keji dan jahat, serta tidak akan menyakiti orang lain.
  2. Abdi terhadap tanah air dan bangsa: Menunjukkan sikap siswa yang patriotik dan menghargai negara dan bangsanya. Contohnya, seorang siswa yang abdi terhadap tanah air akan selalu memelihara keindahan alam dan lingkungan sekitar, tidak merusak fasilitas umum, serta tidak membuat onar di tempat umum.
  3. Setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945: Menunjukkan sikap siswa yang taat kepada ideologi negara dan hukum yang berlaku di Indonesia. Contohnya, seorang siswa yang setia kepada Pancasila akan selalu menghargai hak asasi manusia, tidak merusak keharmonisan masyarakat, serta tidak melakukan tindak kekerasan.
  4. Adab terhadap orang tua: Menunjukkan sikap siswa yang hormat kepada orang tua dan menghargai hak mereka. Contohnya, seorang siswa yang memiliki adab terhadap orang tua akan selalu menghargai pendapat mereka, tidak bersikap kurang ajar, serta selalu meminta izin sebelum melakukan sesuatu.
  5. Hormat terhadap guru: Menunjukkan sikap siswa yang menghargai guru dan bersikap sopan kepada mereka. Contohnya, seorang siswa yang memiliki hormat terhadap guru akan selalu menghargai waktu guru, tidak membicarakan guru dengan tidak sopan, serta selalu memperhatikan apa yang guru ajarkan.
  6. Menjunjung tinggi dan martabat sekolah: Menunjukkan sikap siswa yang menghargai sekolah dan merawat nama baiknya. Contohnya, seorang siswa yang menjunjung tinggi dan martabat sekolah akan selalu memelihara kebersihan dan keindahan sekolah, tidak merusak fasilitas sekolah, serta tidak melakukan tindakan yang merugikan nama baik sekolah.
  1. Belajar dengan sungguh-sungguh: Menunjukkan sikap siswa yang serius dalam belajar dan berusaha mencapai prestasi yang maksimal. Contohnya, seorang siswa yang belajar dengan sungguh-sungguh akan selalu mempersiapkan diri dengan baik sebelum belajar, tidak mengabaikan tugas-tugas yang diberikan guru, serta selalu berusaha memahami materi pelajaran dengan baik.
  2. Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan: Menunjukkan sikap siswa yang berusaha mencapai prestasi demi kemajuan bangsa. Contohnya, seorang siswa yang berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan akan selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam bidangnya, tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tapi juga prestasi non-akademik seperti olahraga, seni, dan lainnya.
  3. Menjadi warga masyarakat yang baik: Menunjukkan sikap siswa yang peduli terhadap masyarakat dan bersikap baik kepada orang lain. Contohnya, seorang siswa yang menjadi warga masyarakat yang baik akan selalu membantu orang lain yang membutuhkan, tidak melakukan tindak kekerasan, serta selalu menghargai hak orang lain.
  4. Pemuda Indonesia yang bertanggung jawab: Menunjukkan sikap siswa yang bertanggung jawab terhadap tindakan dan pilihan yang diambilnya sebagai seorang pemuda Indonesia. Contohnya, seorang siswa yang merupakan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab akan selalu mempertimbangkan akibat dari tindakannya, tidak mudah terpengaruh oleh pihak lain, serta selalu memegang prinsip-prinsip yang benar.

Janji siswa adalah sebuah komitmen yang penting bagi perkembangan siswa, karena dengan memenuhi janji ini, siswa akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan yang mereka jalani. Selain itu, janji siswa juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan menjadi individu yang bertanggung jawab di masa depan.

Terima kasih sudah melihat artikel ini untuk informasi lainnya silahkan kunjungi terus https://smkn1telku.sch.id/

Kunjungi juga channel youtube kami di https://www.youtube.com/@smkn1telukkuantan-kuansing233

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar