Semangat Baru BKK SMKN 1 Teluk Kuantan

Bursa Kerja Khusus atau yang kerap di kenal dengan BKK. Merupakan lembaga Eksternal yang ada di setiap Sekolah Kejuruan. BKK menjadi jembatan penghubung antara Sekolah, Alumni dan Dunia Industri serta Dunia Kerja. Menjadi platform penyaluran berbagai informasi tentang Dunia Kerja. BKK mengambil peran yang sangat penting demi keberhasilan alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Beberapa kegiatan BKK ini diantaranya Tracer Study yaitu penelusuran alumni. Dalam penelusuran ini akan dirangkum data para alumni seperti tahun kelulusan, pekerjaan, pendidikan terakhir, alamat, bidang keahlian dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu indikator penilaian akreditasi sekolah. Sehingga peran BKK perlu diapresiasi dan diperhatikan oleh sekolah dan pihak terkait lainnya.
SMKN 1 Teluk Kuantan telah memiliki BKK sejak lama. Berbagai pekerjaan dan kegiatan telah ditaja. Pak Nasirman, S.Pd merupakan Ketua BKK SMKN 1 Teluk Kuantan yang telah bertungkus lumus demi keeksisan BKK di sekolah yang bergerak dibidang Teknik ini. Bersama beberapa pengurus seperti Ibu Lusi Pancawati, S.Si sebagai Wakil, beranggotakan ibu Delva Gusti, M.Pd, ibu Renci Febriani, S.Pdi dan ibu Jois Wirawati, SE telah membawa BKK SMKN 1 Teluk Kuantan sampai di titik ini.
Tahun 2022 ini kepengurusan BKK SMKN 1 Teluk Kuantan mengalami perombakan. Pak Nasirman yang merupakan Nahkoda pada lembaga ini akan memasuki masa purna bakti di akhir tahun ini. Oleh karena itu, sebagai pegantinya, ditunjuk Muhammad Peri Syaprizal, S.Pd., M.Pd., Gr. melalui rapat pengurus BKK dan disetujui oleh kepala sekolah Hurdisman, S.Pd pada awal tahun ini. Oleh karena itu, tonggak kepengurusan telah dipegang oleh ketua yang baru sejak awal tahun 2022. Dengan harapan keberadaan BKK akan semakin dikenal dan kinerjanya semakin membaik. Sehingga apa yang menjadi harapan kita semua bisa terwujud.
Untuk menunjukkan keberadaannya, kegiatan Raker BKK Kabupaten Kuantan Singingi akan diwacanakan pada tanggal 18 Juli 2022. Kegiatan ini dijadwalkan akan diadakan di SMKN 1 Teluk Kuantan namun hal ini bersifat tentatif. Rapat Kerja ini akan ditaja bersama MKKS SMK Kabupaten Kuantan Singingi. Seluruh anggota BKK pada masing-masing sekolah kejuruan yang ada di kabupaten Kuantan Singingi akan menghadiri kegiatan ini. Guna membahas berbagai hal terkait juknis BKK, menjalin silaturahmi dan lain sebagainya. Diharapkan kegiatan Raker BKK Kuansing ini bisa menjadi pematik semangat para pengurus BKK masing-masing sekolah, sehingga apa yang menjadi cita-cita dan tujuan BKK tersebut bisa terwujud.

-
Foto Rapat Pengurus BKK SMKN 1 Teluk Kuantan